LAPORAN PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN PUST
2290 DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BUKO KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA
OLEH
RONALD PAPEO
017136052
2012.2
GORONTALO
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS TERBUKA
TAHUN 2012
LEMBAR PENGESAHAN
Nama : Ronald Pepeo
N I M : 017136052
Program Studi : D II Perpustakaan
UPBJJ-UT : Gorontalo
Tahun : 2012
Di
ajukan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Praktik Kerja
Perpustakaan, dan telah diteliti kebenarannya serta dinyatakan sah oleh
Pembimbing Lapangan dan Kepala Sekolah SD Negeri 1 Buko.
Disahkan pada
Hari : Kamis
Tanggal : 01
November 2012
Tempat :
Perpustakaan SD Negeri 1 Buko
Kepala Sekolah
Hartati Samin, S.Pd
NIP. 19711212 199503 2 002
|
Pembimbing I
Nurmin Darwis,
A.Ma
NIP. 19730503 201001 2 001
|
Pembimbing II
Yusron Humonggio, M.Pd
Mengetahui
Kepala UPBJJ-UT Gorontalo
Drs.
Djahrudin, M.Si
NIP.
19551109 198003 1 003
MOTTO
“Hidup yang berlebih-lebihan adalah
sebuah ketenangan
yang terrenggut. Kebutuhan yang
melampaui
batas adalah beban yang memberatkan.
Menahan diri dalam kecukupan lebih
baik dari
pada berlebih-lebihan”
(Dr.’Aidh Al Qarni)
“Sabar dalam menghadapi
musibah itu sulit tapi hilangnya
kesabaran itu lebih sulit
akibatnya”
(Ali bin Abi Thalib)
Hanya ketekunan dan
kesabaran
Yang akan menghantarkan
seseorang
Pada tangga kesuksesan
(Ronald papeo)
PERSEMBAHAN
Dengan segala kerendahan hati, karya ini kupersembahkan pada :
Allah SWT. yang Menciptakan segala
gerak langkah dan pikiranku.
Baginda Rasulullah SAW., engkulah sebaik-baik suri tauladan,
akhlakMu
Dua insan yang selalu memancarkan sinar cinta kasih, Ayahanda Nurdin
Papeo (Almarhum) Ibunda Rosnawati Patilima.
Jasa kalian tak akan pernah terlupakan.
Ketulusan doa dan cinta kalian yang selalu menyertai
langkahku, memberiku semangat dalam meniti masa depan.
Isteriku Risna Dontili dan Anakku Nadillah Rahma Papeo.
Yang selalu sabar menanti dan terus berdoa atas keberhasilanku.
Kakak dan adikuku, Djubedi Papeo, Agus Salim Papeo,
yang selama ini mendukung langkahku.
Terima kasih atas segala
pengorbanan yang kalian berikan.
Semoga rahmat Allah tak jemu mengalir
hingga yaumul kiyamah. Amin
Sahabat-sahabatku di FISIP, Jurusan Diploma II Perpustakaan,
yang membangunkanku saat aku terjatuh,
mengingatkanku saat aku lengah.
Terima kasih atas segala kebaikan dan motivasi yang kalian
berikan.
Semoga Allah memberi balasan yang terbaik dan terindah. Amin.
Almamaterku Tercinta
Tempat Aku Menimba Ilmu
Universitas Terbuka
(Open University)
Indonesia
KATA PENGANTAR
Assalamu’Alaikum Wr. Wb.
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan
hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktik Kerja Perpustakaan (PKP) selama
1 bulan, di mulai tanggal 1 Oktober sampai dengan 1 September 2012 di SD
Negeri 1 Buko Kecamatan Pinogaluman Kabupaaten Bolaang Mongondow Utara.
Laporan ini dibuat sebagai salah satu
syarat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Praktik Kerja Perpustakaan PUST 2290
UPBJJ-UT Gorontalo. Mata kuliah ini diambil setelah menempuh mata kuliah
Pengembangan Koleksi, Pengolahan Bahan Pustaka dan Pelayanan Bahan Pustaka.
Keberhasilan penulis dalam
menyusun laporan ini tidak lepas dari bantuan dan dorongan dari berbagai pihak,
sehingga pada kesempatan ini dengan kerendahan hati, penulis mengucapkan terima
kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.
Bapak Drs. Djahrudin, M.Pd, Kepala UPBJJ-UT Gorontalo yang telah
memberikan kesempatan sehingga penulis dapat menyelesaikan PKP.
2.
Bapak Ahyun Blongkod, M.Pd, selaku Pengelola Kelompok Belajar
Atinggola yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melakukan PKP.
3.
Ibu Hartati Samin, S.Pd, selaku Kepala Sekolah SD Negeri 1
Buko yang telah memberikan izin untuk melaksanakan PKP.
4.
Ibu Nurmin Darwis, A.Ma, Selaku Pembimbing 1 PKP yang selalu
membimbing dan memberikan petunjuk kepada penulis.
5.
Bapak Yusron Humonggio, M.Pd, selaku Pembimbing 2 Praktik Kerja Perpustakaan yang telah banyak
memberikan bimbingan kepada penulis selama pelaksanaan PKP.
6.
Bapak/
Ibu Tutor Program Studi D II Perpustakaan, yang
telah memberikan ilmu dan bimbingan pada Penulis.
7.
Kepala Sekolah SD Negeri 1 Monggupo, yang telah
bersedia meminjamkan gedung sekolah selama perkuliahan Tatap Muka (TTM-APTEM) D
II perpustakaan, sejak masa registrasi 2011.1 sampai sekarang.
8.
Ibunda tercinta, yang selalu memberikan doa dan dukungan
selama pelaksanaan Praktik Kerja Perpustakaan (PKP).
9.
Isteri
dan Anakku tercinta, terima kasih atas
bantuan, dukungan, Do’a dan perhatian.
10.
Kakak
dan Adikku tercinta,
yang telah memberikan doa, kasih sayang serta dukungan pada penulis.
11. Teman-teman D II Perpustakaan masa registrasi awal 2011.1, terima kasih
atas apa yang telah kalian berikan selama ini, thank.
12. Semua pihak yang telah membantu, baik dalam pelaksanaa PKP maupun
penulisan laporan ini. Terima Kasih.
Harapan untuk
tersusunnya Laporan Praktik Kerja Perpustakaan ini tidak akan pernah terwujud
tanpa kontribusi berbagai pihak, baik dalam bentuk komitmen, pemikiran maupun
kerja keras. Oleh karena itu, melalui medium ini disampaikan terima kasih dan
penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi
kepada terwujudnya laporan ini.
Akhirnya,
penulis menyadari kesesuaian arti pribahasa “tiada gading yang tak retak”. Pribahasa ini juga berlaku pada
Laporan ini. Disadari sepenuhnya oleh penulis bahwa Laporan Praktik Kerja
Perpustakaan ini pun tak luput dari berbagai kekurangan. Oleh karena itu,
kritik membangun, saran serta masukan untuk perbaikan laporan ini sangat
dinantikan.
Wassalamu’Alaikum Wr.
Wb.
Buko, 01 September
2012
Penulis
|
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN ......................................................................
ii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN ............................................................
iii
KATA PENGANTAR …….…………………………………………….. v
DAFTAR ISI
..............................................................................................
vii
DAFTAR GAMBAR
.................................................................................
viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang …………………………………………….... 1
B.
Tujuan Praktik Kerja Perpustakaan .........................................
2
BAB II HASIL PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN
A.
Pengadaan Bahan Pustaka
………………………………….. 3
B.
Pengolahan Bahan Pustaka
……………………………….… 5
C.
Pelayanan Perpustakaan
……………………………………. 11
D.
Statistik Perpustakaan
………………………………………. 14
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan
…………………………………………………. 16
B.
Saran
………………………………………………………... 16
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………
17
LAMPIRAN – LAMPIRAN
1.
Lembar Kerja Pengembangan Koleksi
2.
Lembar Kerja Pengolahan Bahan Pustaka
3.
Lembar Kerja Pelayanan Bahan Pustaka
4.
Lembar Konsultasi Pembimbing PKP
5.
Jadwal Pelaksanaan Praktik Kerja Perpustakaan
6.
Rekomendasi Pelaksanaan Praktik Kerja
Perpustakaan
7.
Foto-Foto Dokumentasi
DAFTAR GAMBAR
1. Gambar 2.1 Diagram Transfer
Informasi …………………..…… 3
2.
Gambar 2.2 Diagram
Sistem Informasi ………………..….…….
5
3. Gambar 2.3 Cap Perpustakaan ……………………………….….. 6
4. Gambar 2.4 Stempel Perpustakaan ……………………………… 6
5. Gambar 2.5 Katalog Perpustakaan ……………………….……… 8
6. Gambar 2.6 Label Buku …………………………………………. 9
7. Gambar 2.7 Slip Lembar
Pengembalian …………………….……
9
8. Gambar 2.8 Kartu Buku …………………………………………. 10
9. Gambar 2.9 Kartu Anggota
Perpustakaan …………….………….
13
10. Gambar 2.10 Rekapitulasi Koleksi ………………………………. 15
11. Gambar 2.11 Grafik Jumlah
Pengunjung …….……………….....
15
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perpustakaan sebagai sumber informasi
memegang peranan penting dalam pembangunan nasional dan merupakan sarana
penunjang dalam pendidikan. Perpustakaan sebagai pusat informasi dituntut untuk
memberikan layanan informasi yang lengkap, cepat, dan tepat guna.
Diakuinya
pendidikan pustakawan sebagai suatu bidang profesi membawa sejumlah
konsekwensi. Di antara sejumlah konsekwensi logis itu adalah perlunya setiap
individu yang menjalani profesi sebagai pustakawan untuk memiliki pemahaman
yang utuh tentang teori dan konsep yang terkait dengan pendidikan perpustakaan
serta aplikasinya dalam berbagai segi, bidang, dan konteks.
Pemahaman
tersebut merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kompetensi profesional yang
harus dimiliki. Hal ini sesuai dengan aturan yang berlaku terutama terkait
tenaga perpustakaan sebagaimana diatur dalam Pasal 29 Undang-Undang Nomor 43
Tahun 2007 Tentang Tenaga Perpustakaan, serta Keputusan MENPAN Nomor 132/KEP/M.PAN/12 Tahun 2002
Tentang Jabatan Fungsional
Pustakawan dan Angka Kreditnya. Harapan penulis laporan ini dapat
menjadi acuan, terutama bagi yang sedang mengikuti praktik kerja perpustakaan
(PKP), serta para pengambil kebijakan, petugas perpustakaan, dan pemerhati
bidang perpustakaan.
Perpustakaan
merupakan jantung atau urat nadi bagi suatu instansi, institut, universitas,
atau badan korporasi lainnya. Abdul Rahman Saleh, dkk.,(2011 : 1.3) mengatakan
bahwa perpustakaan saat ini, tidak lagi hanya menjadi tempat menyimpan dan
mencari buku, tetapi lebih dari itu yaitu menjadi sumber/tempat mencari
informasi.
Perpustakaan dari aspek pendidikan
dapat berfungsi untuk meningkatkan apresiasi budaya dari masyarakat sekitar.
Salah satu kriteria bagi perkembangan suatu perpustakaan dapat dinilai dari
sumber daya manusianya. Sumber daya manusia perpustakaan dapat ditingkatkan
melalui penguasaan ilmu di bidang perpustakaan. (Undang Sudarsana, 2009 : 1.25)
Berangkat dari persoalan di atas, maka
diadakan Praktik Kerja Perpustakaan bagi mahasiswa D II perpustakaan. Adanya
program tersebut, diharapkan mahasiswa sebagai calon pustakawan nantinya dapat
menjadi pustakawan yang profesional.
Di
perpustakaan tempat pelaksanaan Praktik Kerja Perpustakaan, mahasiswa dapat
belajar dengan menggunakan ilmu yang diperoleh secara teoritis dan dipadukan
dengan ilmu praktis yang ada di lapangan. Dengan demikian mahasiswa Praktik
Kerja Perpustakaan dapat memahami dan menguasai ilmu perpustakaan.
B.
Tujuan Praktik Kerja Perpustakaan
Dengan diadakannya praktik kerja
perpustakaan sehingga penulis mendapatkan pengalaman langsung dalam dunia kerja
perpustakaan yang sesungguhnya. Dan semoga dengan diadakannya praktik kerja
perpustakaan penulis dapat memperoleh ilmu tentang bagaimana mengelola ilmu
perpustakaan dengan baik dan menjadi bekal untuk memasuki dunia kerja
pustakawan yang sesungguhnya sesuai dengan program kerja perpustakaan.
Tujuan yang diharapkan dalam Praktik
Kerja Perpustakaan ini adalah sebagai berikut:
1.
Salah satu syarat untuk menyelesaikan program studi D II
Perpustakaan.
2.
Mengetahui strategi peningkatan pelayanan dalam mengelola perpustakaan di Perpustakaan SD
Negeri 1 Buko.
3.
Mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari
bangku perkuliahan dengan mengelola perpustakaan agar berfungsi sebagai jantung
pendidikan.
4.
Menganalisis faktor-faktor yang menjadi kelebihan dan
kekurangan dalam melayani pengguna perpustakaan dan mengelola perpustakaan.
5.
Mahasiswa dapat memahami proses pengadaan, pengolahan sampai
pelayanan bahan pustaka kepada pemakai perpustakaan.
6.
Mahasiswa mampu membuat statistik koleksi, yang ada di
perpustakaan.
7.
Mahasiswa dapat memenuhi syarat untuk penilaian yang
diperlukan dalam perkuliahan.
BAB
II
HASIL
PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN
A.
Pengadaan Bahan Pustaka
Pada dasarnya
tugas utama setiap perpustakaan adalah membangun koleksi yang kuat demi
kepentingan pemakai perpustakaan. Pengembangan koleksi merupakan semua kegiatan
untuk memperluas kolesi yang ada di perpustakaan, terutama aspek seleksi dan
evaluasi.
Pengadaan bahan
pustaka adalah aktivitas perpustakaan yang mencakup semua kegiatan untuk
memperluas koleksi yang ada di perpustakaan. Menurut Abdul rahman Saleh (2011:
1.3) pengadaan bahan pustaka adalah suatu proses menghimpun bahan pustaka yang
akan dijadikan koleksi perpustakaan.
Kalau berbicara
tentang pengadaan bahan pustaka di perpustakaan, maka tujuan utama dari
perpustakaan dan unit informasi lainnya adalah untuk membantu dalam transfer
informasi dan pengembangan pengetahuan. Evans (2000) dalam Develoving Library and information center collection, mengambarkan
proses transfer informasi, yaitu dengan menggunakan 9 lingkaran kegiatan yang
terus berputar secara berkesinambungan. Proses transfer informasi tersebut
dituangkan dalam gambar berikut ini.
KEGIATAN
ADMINISTRASI
Gambar
2.1
Diagram
Transfer Informasi
Dalam upaya
pengembangan koleksi di perpustakaan maka perpustakaan perlu menyesuaikan
antara kebutuhan pengguna yang dilayaninya dengan koleksi yang akan dihimpun.
Untuk menghindari pengadaan yang tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna, maka
perpustakaan perlu menyusun kebijakan pengembangan koleksi.
Di SD Negeri 1
Buko tempat pelaksanaan PKP, penulis mendapatkan data tentang proses pengadaan
bahan pustaka yaitu sebagai berikut.
1.
Cara Pengadaan Bahan Pustaka
Cara pengadaan bahan pustaka di SD Negeri 1 Buko masih sangat
bergantung pada lembaga induknya yaitu dinas Pendidikan Pemudah dan Olahraga
(DIKPORA) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, hal ini dikarenakan pihak sekolah
belum menentukan arah kebijakan sekolah tentang perpustakaan.
2.
Prinsip Pemilihan Bahan Pustak
Pada dasarnya prinsip pemilihan bahan pustaka disesuaikan
dengan kondisi sekolah itu sendiri. Di tempat PKP penulis mendapatkan informasi
tentang prinsip pemilihan bahan pustaka yang dilakukan oleh dinas terkait yaitu
dengan menentukan tingkat kebutuhan akan bahan bacaan dan penunjang proses
belajar mengajar serta permintaan dari pihak sekolah itu sendiri.
3.
Alat Bantu Pemilihan Bahan Pustaka
Di
dalam penentuan alat bantu pemilihan bahan pustaka yang dilakukan oleh
perpustakaan SD Negeri 1 Buko yaitu dengan menggunakan silabus mata pelajaran
dan dibantu oleh komite sekolah serta kebijakan pengembangan koleksi badan
induknya tentang alat bantu pengadaan bahan pustaka.
4.
Prosedur Pemesanan dan Pembelian Bahan Pustaka
Sampai
saat ini pihak perpustakaan maupu pihak sekolah SD Negeri 1 Buko belum pernah
melakukan pemesana maupun pembelian bahan pustaka secara langsung. Koleksi yang
ada saat ini adalah berasal dari bantuan pemerintah dalam hal ini Dinas
Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang dibeli dengan menggunakan Dana Alokasi
Khusus (DAK) tahun 2010, sebanyak 780 judul buku terdiri dari berupa buku fiksi
dan nonfiksi, dengan jumlah total sebanyak 3900 eksemplar.
B.
Pengolahan Bahan Pustaka
Pengolahan
bahan pustaka merupakan salah satu kegiatan di perpustakaan yang berfungsi
untuk melakukan pengaturan bahan pustaka yang tersedia agar dapat disimpan
ditempatnya menurut susunan tertentu serta mudah ditemukan dan digunakan oleh
pengguna perpustakaan. Kegiatan pengolahan bahan pustaka dikenal juga dengan
istilah organisasi informasi yang merupakan kegiatan pokok untuk mengatur
koleksi yang ada agar siap pakai dan berdaya guna secara opimal.
Ruang lingkup kegiatan ini mengandung arti sangat
luas mencakup berbagai jenis bahan pustaka yang meliputi berbagai aspek
pengolahan baik secara manual maupun komputerisasi. Berikut ini adalah gambar
sederhana yang memperlihatkan kerangka dasar sistem informasi.
Pada saat pelaksanaan PKP, awalnya
koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan SD Negeri 1 Buko belum terolah
dengan baik sesuai dengan standar tatakelola perpustakaan sekolah dasar baik
dari segi administrasi maupun kelengkapan atribut bahan pustaka.
Kegiatan pengolahan bahan pustaka yang
dilakukan penulis di perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 1 Buko, adalah sebagai
berikut.
1.
Iventarisasi Bahan Pustaka.
Kegiatan inventarisasi bahan pustaka di
perpustakaan Sekolah dasar Negeri 1 Buko, adalah sebagai berikut.
Ø Menulis tanggal masuk
Ø Menulis nomor induk/iventaris bahan
pustaka
Ø Menulis pengarang bahan pustaka
Ø Menulis judul bahan pustaka
Ø Menulis penerbit bahan pustaka
Ø Menulis tahun terbit bahan pustaka
Ø Menulis asal bahan pustaka
Ø Menuliskan harga bahan pustaka
Ø Menuliskan keterangan jumlah bahan
pustaka
2.
Pemberian identitas (stempel) perpustakaan dan stempel
inventaris.
pada kegiatan ini, penulis melakukan
pembuata identitas serta membubuhi cap invetaris ke bagian-bagian terpenting
yang ada pada setiap koleksi bahan pustaka. Hal ini dilakukan agar siswa serta
para petugas perpustakaan berikutnya
dapat mrngetahui identitas dan asal usul setiap koleksi bahan pustaka buku
tersebut.
Gambar.
2.3
Contoh
Cap Perpustakaan
PERPUSTAKAAN SDN 1 BUKO
|
Tgl. Penerimaan :
12/07/2010
Nomor Induk
: 1484/DAK
Kode Buku
: 722.4/Suh/c
|
Gambar
2.4
Contoh
Stempel Inventaris
3.
Mengklasifikasi bahan pustaka
Proses pengklasifikasian yang dilakukan
penulis di Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 1 Buko menggunakan proses
klasifikasi yang biasa digunakan di perpustakaan-perpustakaan lainnya yaitu
menggunakan DDC (Dewey
Decimal Classification).
DDC tersebut disusun berdasarkan sistem
klasifikasi versi cetak Edisi 22 dan dibagi menjadi 10 kelas utama yang diberi
lambang 100 – 900 yang masing – masing terdiri dari:
4.
Katalogisasi Bahan Pustaka
Tujuan
utama katalog perpustakaan ialah membantu pengguna perpustakaan untuk
memperoleh bahan pustaka seefisien mungkin. Menbuatkan katalog merupakan
kegiatan mencatat data bibliografi bahan pustaka yang meliputi :
pengarang, judul, edisi, cetakan, kota terbit, penerbit, tahun terbit, jumlah
halaman, ilustrai, ukuran, keterangan seri, notasi, dan ISBN.
Di
perpustakaan SD Negeri 1 Buko, Katalog yang dipakai adalah katalog judul
(Katalog Tambahan), sedangkan katalog Pengarang dan katalog subjek tidak
digunakan diperpustakaan tersebut. Hal ini dikarenakan pengguna yang ada belum
mengenal para penulis atau pengarang serta subjek yang mereka inginkan. Katalog
tersebut berukuran 7,5 x 12,5 cm. dan di buat dengan kertas karton berwarna
putih.
Untuk
mengatur format katalog secara taat asas, diadakan ketentuan-ketentuan dalam
pencetakan dan pengadaan katalog. Dalam Wayner (1992) dijelaskan indensi untuk
pencetakan kartu katalog yaitu:
Indensi
I dimulai spasi ke-9 dari tepi kiri
Indensi
II dimulai spasi ke-13 dari tepi kiri
Indensi
III dimulai spasi ke-16 dari tepi kiri
Jadi
tampilan dalam katalognya adalah sebagai berikut.
Indensi
I, 9 spasi dari pinggir kiri
Indensi II, 13 spasi dari pinggir kiri
Indensi
III, 16 spasi dari pinggir kiri
Mengenal Tanaman
Obat
722.4 (baris ke dua bila
tidak cukup)
SUH Suhada, ichsan
c Candi-Candi di
Indonesia/ Ichsan Suhada. --Cet.1.
- Bandung: PT. Sarana
Panca Karya Nusa, 2009. xi; 124hal; ill; 30cm.-- ..
ISBN: 978-979-678-142-3.
1.
Candi 5. Judul
|
Gambar
2.5
Contoh
Katalog Judul
5.
Pembuatan Label
Label
atau yang sering disebut punggung buku adalah merupakan kelengkapan atribut
buku yang sangat penting. Kelengkapan bahan pustaka ini digunakan untuk
memudahkan proses temu kembali bahan pustaka yang diinginkan pengguna
perpustakaan. Pada label tersebut memuat kode buku yaitu nomor panggil,
singkatan nama pengarang, dan huruf pertama subjek.
Nomor
panggil adalah terjemahan dari istilah call
number. Dalam ALA Glossary (1983) yang dimaksud dengan call number adalah “merupakan tanda buku yang menunjukan tempat
penyimpanan suatu buku di rak dan sekaligus untuk membedakan dari buku-buku
lainnya di perpustakaan.
Pembuatan
nomor panggil ini bisa dilakukan dengan menggunakan komputer yang dicetak
langsung pada label. Ukuran besarnya nomor panggil disesuaikan dengan kebijakan
perpustakaan setempat.
Di
pepustakaan SD Negeri 1 Buko, label buku dibuat dengan menggunakan sistem
terkomputerisasi, lalu label tersubut dipotong sesuai ukuran dan ditempelkan
pada punggung buku dengan ketinggian yang sama yaitu 3 cm.
Gambar
2.6
Contoh
Label Buku
6.
Lembar tanggal pengembalian
Di
perpustakaan SD Negeri 1 Buko lembar tanggal pengembalian terbuat dari kertas
HVS putih dengan ukuran 10,5 x 15 cm. Lembar tanggal pengembalian ini ditempel
pada sampul buku belakang bagian dalam letaknya di bagian atas. Tujuan
dibuatkan slip lembar pengembalian antara lain mengingatkan peminjam agar tidak
melewati tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan. Pada slip ini
hanya terdapat kolom untuk pengembalian.
7.
Kartu buku
Kartu
ini berisi informasi mengenai nomor panggil, nama pengarang, judul dan nomor
induk buku.
Kolom
yang terdapat pada kartu buku yaitu kolom tanggal pinjam, nomor induk
siswa, nama anggota dan tanggal kembali.
Kartu ini terbuat dari kertas karton berwarna putih dengan ukuran 10 x 12 cm.
PERPUSTAKAAN
SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BUKO
|
|||
KARTU BUKU
No. Panggil : 722.4
No. Induk : 1484
Pengarang : Ichsan Suhada
Judul : Candi-candi di Indonesia
|
|||
Tgl. Pinjam
|
NIS
|
Nama Anggota
|
Tgl. Kembali
|
Gambar
2.8
Contoh Kartu Buku
8.
Kantong kartu buku
Kantong
kartu buku dibuat untuk menyisipkan kartu buku. Kantong dibuat dari kertas HVS
putih, berukuran 6 x 8,5 cm, dan ditempel dibawah lembar tanggal kembali.
9.
Shelving Penempatan bahan pustaka kedalam rak koleksi
Sistem yang digunakan adalah nomor
klasifkasi yang paling kecil di sebelah kiri kekanan.
C.
Pelayanan Perpustakaan
Layanan
perpustakaan merupakan tugas yang amat penting dan juga merupakan muara dari
semua kegiatan di perpustakaan, sebab semua yang dilakukan oleh perpustakaan
tujuannya adalah agar supaya pengguna perpustakaan mendapatkan kepuasan dari layanan pemakai. Oleh karena
itu, layanan yang akan diberikan kepada pengguna hendaknya mendapat perhatian
serta direncanakan sebaik-baiknya. Layanan kepada pemakai hendaknya sesuai
kebutuhan agar supaya tujuan pemakai puas (user
Satisfacion) dapat dicapai oleh perpustakaan.
Layanan
perpustakaan merupakan salah satu kegiatan teknis yang pada pelaksanaannya
perlu adanya perencanaan dalam penyelenggaraannya. Layanan perpustakaan akan
berjalan dengan baik apabila layanan digunakan tepat dan sesuai dengan
kebutuhan penggunanya. Ada tiga jenis dalam pelayanan perpustakaan, yakni
layanan terbuka (Open Access), layanan tertutup (Close Access), dan layanan
campuran. Ketiga jenis pelayanan ini ada hubungannya dengan cara bagaimana
perpustakaan memberikan kesempatan kepada pembacanya untuk menemukan bahan
pustaka dalam mencari informasi. Masing-masing layanan tersebut mempunyai
kelebihan dan kelemahannya, dan berbeda dalam pelaksanaannya.
Kegiatan
pelayanan di SD Negeri 1 Buko belum memenuhi standar pelayanan perpustakaan
sekolah yang dikeluarkan oleh Badan Standarisasi Nasional SNI 7329:2009,
tentang manejemen perpustakaan yang berlaku pada perpustakaan sekolah baik
negeri maupun swasta yang meliputi pendidikan dasar maupun pendidikan menengah.
Dengan
demikian, penulis bersama peserta PKP lainnya melakukan pengorganisasian pelayanan perpustakaan
secara teratur dan sistematis berdasarkan standar pelayanan perpustakaan
sekolah dan dipadukan dengan ilmu teori pelayanan bahan pustaka yang telah
ditempuh pada smester sebelumnya.
Sistem pelayanan yang diterapkan
penulis di perpustakaan SD Negeri 1 Buko menggunakan sistem terbuka (Open Access). Alasan digunakannya
sistem pelayanan terbuka, dikarenakan sistem ini memiliki keuntungan yaitu
pengunjung atau pemakai perpustakaan bebas memilih sendiri bahan pustaka yang
ada di perpustakaan. Ada 3 jenis layanan di perpustakaan SD Negeri 1 Buko
antara lain sebagai berikut.
1.
Layanan sirkulasi
Layanan ini menyangkut peredaran
bahan-bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan. Adapun tugas-tugas bagian sirkulasi
tersebut yaitu pelayanan peminjaman dan pengembalian.
Proses peminjaman bahan pustaka yang
dilakukan di SD Negeri 1 Buko meliputi:
Ø Peminjam mencari sendiri bahan pustaka
yang dibutuhkan di rak buku
Ø Peminjam menyerahkan kartu buku dan
kartu anggota perpustakaan kepada petugas
Ø Petugas mengisi kolom-kolom pada kartu
buku sesuai dengan data yang diperlukan
Ø Petugas mencatat data peminjaman pada
buku daftar peminjaman
Ø Petugas meminta kepada peminjam untuk
menandatangani buku peminjaman dan menyerahkan kartu anggota perpustakaan
kepada peminjam
Ø Petugas menulis batas waktu peminjaman
pada slip lembar pengembalian
Proses pengembalian bahan pustaka yang
dilakukan di SD Negeri 1 Buko meliputi:
Ø Peminjam menyerahkan bahan pustaka dan
kartu anggota kepada petugas layanan sirkulasi
Ø Petugas Mencocokan bahan pustaka apakah
sesuai dengan yang tertulis di buku peminjamam, Jika sesuai petugas membubuhkan
tanda tangan dibuku peminjaman dan kartu, serta menyerahkan kartu anggota
kepada pemilik
Ø Jika terjadi keterlambatan dalam
pengembalian bahan pustaka peminjam dikenai biaya keterlambatan sebesar Rp
250,- rupiah per hari sesuai dengan kesepakatan antara komite sekolah dengan
orang tua/wali murid
2.
Layanan referensi
Layanan
referensi merupakan jembatan antara buku dengan pembaca. Layanan ini diterapkan
di perpustakaa oleh penulis agar setiap pengunjung yang membutuhkan informasi
dan petunjuk mengenai buku referensi
dapat terjawab secara cepat dan tepat.
3.
Layanan anggota
Kegiatan pelayanan anggota yang
dilakukan penulis di SD Negeri 1 Buko adalah sebagai berikut.
Ø Penulis meminta daftar nama-nama murid
di setiap kelas serta pas foto ukuran 3x4 Cm kepada setiap guru/wali kelas.
Ø Penulis perpustakaan menginput serta
mencetakan kartu anggota dan menyerahkan kepada wali kelas untuk diserahkan
kepada yang bersangkutan.
KARTU ANGGOTA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR
NEGERI 1 BUKO
KEC. PINOGALUMAN KAB. BOLMONG UTARA
|
Nama :
Alamat :
N I S :
Tgl. Lahir : 3x4
Status :
Catatan : Buko, 29 okt. 2012
Kartu dibawa serata setiap Peetugas
berkunjung ke Perpustakaan.
Nurmin Darwis, A.Ma
NIP. 19730503 201001 2 001
Berlaku hingga : ……..
|
Gambar
2.9
Contoh
Kartu Anggota Perpustakaan
D.
Statistik
Perpustakaan
Statistik
perpustakaan adalah ilmu tentang pengumpulan data, menggolongkan, menabulasi,
dan menganalisis suatu kegiatan. A.M. Sagitarius, (2007 : 41) mengatakan bahwa
statistik perpustakaan, merupakan penyajian data kegiatan perpustakaan dengan
angka. Lewat statistik perpustakaan, akan dapat diketahui sejauh mana
pelaksanaan kegiatan perpustakaan. Statistik berfungsi dalam beberapa tujuan, yakni:
1.
Menyusun laporan,
2.
Mengukur efisiensi berbagai kegiatan
dan kinerja pustakawan,
3.
Menyusun rencana dan jasa
perpustakaan,
4.
Sebagai bahan pertimbangan dalam
penambahan anggaran staf, dan
5.
Sebagai evaluasi kemajuan atau
keberhasilan perpustakaan.
Pepustakaan SD
Negeri 1 Buko tempat pelaksanaan PKP, belum memiliki data statistik
perpustakaan baik menyangkut data rekapitulasi pengguna/anggota perpustakaan
pertahun, rekapitulasi peminjam, maupun data koleksi. Pada minggu terakhir
kegiatan pelaksanaan PKP, penulis membuat data statistik rekapitulasi koleksi
bahan pustaka tahun 2012 dan grafik jumlah pengunjung tahun 2011.
NO.
KLASIFIKASI
|
JUMLAH
|
|
JUDUL
|
EKSEMPLAR
|
|
000 – 099 Karya Umum
100 – 199 Filsafat dan Psikologi
200 – 299 Agama
300 – 399 Ilmu-ilmu Sosial
400 – 499 Bahasa
500 – 599 Ilmu-ilmu Alam dan
Matematika
600 – 699 Teknologi dan Ilmu
Terapan
700 – 799 Hiburan dan Olahraga
800 – 899 Kesusastraan
900 – 999 Geografi dan Sejarah
|
55
37
87
83
65
132
134
72
28
87
|
275
185
435
415
325
660
670
360
140
435
|
Jumlah
|
780
|
3900
|
Gambar
2.10
Rekapitulasi
Koleksi Tahun 2012
Gambar
2.11
Grafik Jumlah
Pengunjung Tahun 2011
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari hasil praktik kerja perpustakaan
yang dilakukan di perpustakaan SD Negeri 1 Buko, maka penulis dapat
menyimpulkan bahwa :
1.
Pengadaan bahan pustaka di perpustakaan SD Negeri 1 Buko
berasal dari droping pemerintah, hadiah, sumbangan siswa kelas V pada akhir
tahun pelajaran atau menjelang kelulusan, dan dengan cara membeli misalnya
bahan pustaka yang berupa majalah dan surat kabar. Bahan pustaka di
perpustakaan SD Negeri 1 Buko terdiri atas karya cetak dan karya noncetak.
2.
Proses pengolahan bahan pustaka di perpustakaan SD Negeri 1 Buko
meliputi identifikasi, informasi, klasifikasi, katalogisasi, pengolahan dengan komputer,
kelengkapan koleksi, dan penjajaran kolekasi.
3.
Perpustakaan SD Negeri 1 Buko menggunakan sistem pelayanan
terbuka (open access). Sistem terbuka dipakai pada bahan pustaka yang tidak
terbatas jenisnya.
B.
Saran
Guna meningkatkan pelayanan
perpustakaan di SD Negeri 1 Buko saran yang ingin disampaikan penulis adalah :
1.
Untuk meningkatkan pelayanan, perpustakaan perlu menambah
jumlah staf karena tidak sesuai dengan jumlah pengunjung setiap harinya.
2.
Pengoptimalan program sistem informasi perpustakaan yang ada
untuk memperlancar proses pengolahan dan pelayanan bahan pustaka.
3.
Memasukkan jam kunjung perpustakaan ke dalam kurikulum
pembelajaran.
4.
Agar pengolahan perpustakaan di sejumlah sekolah yang ada di
wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara pada umumnya dan khususnya di SD Negeri 1 Buko dapat
terlaksana dengan baik, maka penulis menyarankan kepada pemerintah daerah agar
dapat menyelenggarakan pelatihan khususnya berkaitan dengan pengolahan
perpustakaan sekolah, serta dapat melakukan perekrutmen CPNS minimal
berpendidikan D II perpustakaan.
DAFTAR PUSTAKA
Bafadal, Ibrahim.
(2009). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Cetakan ketujuh, Jakarta: Bumi
Aksara.
Sudarsana, Undang,
2009, Pembinaan Minat Baca, Cetakan kelima, Jakarta: Universitas
Terbuka.
Sagitarius A.M.
(2007). Administrasi dan Organisasi Perpustakaan Sekolah Dasar. Surabaya:
Karunia.
Sulistyo-Basuki. (2008). Pengantar Ilmu Perpustakaan.
Jakarta: Universitas Terbuka.
Purwono. (2009). Perpustakaan
dan Kepustakawanan Indonesia. Cetakan keenam, Jakarta: Universitas Terbuka.
Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (1980). Pedoman
Pelayanan Sirkulasi dan Referensi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen
Dikti.
Saleh, Abdul Rahman,
dan Komalasari Rita. (2011). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Cetakan
Ketujuh, Jakarta: Universitas Terbuka
Yulia, Yuyu dan B
Mustofa. (2008). Pengolahan Bahan Pustaka. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yulia, Yuyu dan Janti
Gristinawati Sujana. (2007). Pengembangan Koleksi. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Lampiran
1
Kegiatan : Pengadaan Bahan Pustaka
NO
|
TANGGAL
|
JAM
|
KEGIATAN
|
HASIL
|
PARAF
PEMBIM-BING
|
1.
|
01/10/2012
|
07.30
|
Melapor diri dan memohon izin melaksanakan PKP kepada
Kepala Sekolah SD Negeri 1 Buko
|
Diterima
|
|
2.
|
01/10/2012
|
08.00
|
Memperkenalkan
diri kepada guru
|
Diterima
|
|
3.
|
01/10/2012
|
10. 30
|
Memeriksa
daftar penerimaan buku
|
Terlaksana
|
|
4.
|
02 /10/2012
|
07.30
|
Membersihkan
perpustakaan
|
Terlaksana
|
|
5.
|
02 /10/2012
|
10.30
|
Melaksanakan
rapat rencana kerja dan pembagian tugas
|
Terlaksana
|
|
6.
|
03/10/2012
|
07.30
|
Membuat Buku kerja dan
daftar hadir peserta PKP
|
Terlaksana
|
|
7.
|
03/10/2012
|
09.00
|
Membuat buku administrasi
perpustakaan
|
Buku registrasi dan buku
inventaris
|
|
8.
|
03/10/2012
|
11.30
|
Membubuhi cap inventaris
pada buku
|
245 eksemplar terlaksana
|
|
9.
|
04/10/2012
|
07.30
|
Mencocokan kolesi yang ada
dengan daftar penerimaan buku
|
Lebih dari 300 judul
terlaksana
|
|
10.
|
05/10/2012
|
07.30
|
Mendaftarkan koleksi ke
buku registrasi
|
80 judul terdaftar
|
|
11.
|
06/10/2012
|
07.30
|
Membuat statistik
pengembangan koleksi tahun 2011
|
Terlaksana
|
Lampiran
2
Kegiatan : Pengolahan Bahan Pustaka
NO
|
TANGGAL
|
JAM
|
KEGIATAN
|
HASIL
|
PARAF
PEMBIM-BING
|
1.
|
08/10/2012
|
07.30
|
Mengklasifikasi
buku
|
193 judul
Ter klasifikasi
|
|
2.
|
09/10/2012
|
07.30
|
Membuat
label buku
|
965
lembar tercetak
|
|
3.
|
09/10/2012
|
10.00
|
Membuatkan stempel inventaris
|
965 lember tercetak
|
|
4.
|
10/10/2012
|
07.30
|
Membuat lembar tanggal
kembali
|
965 lembar siap di tempel
|
|
5.
|
10/10/2012
|
11.00
|
Membuat kantong buku
|
965 lembar siap di tempel
|
|
6.
|
11/10/2012
|
07.00
|
Membuat kartu buku
|
965 kartu tercetak
|
|
7.
|
11/10/2012
|
11.00
|
Membuat kartu katalog
|
193 katalog tercetak
|
|
8.
|
12/10/2012
|
07.30
|
Mengklasifikasi
buku
|
196 judul
Ter klasifikasi
|
|
9.
|
13/10/2012
|
07.00
|
Membuat
label buku
|
980
lembar tercetak
|
|
10.
|
13/10/2012
|
09.00
|
Membuatkan stempel
inventaris
|
980 lember tercetak
|
|
11.
|
15/10/2012
|
07.00
|
Membuat lembar tanggal
kembali
|
980 lembar siap di tempel
|
|
12.
|
15/10/2012
|
10.30
|
Membuat kantong buku
|
980 lember tercetak
|
|
13.
|
16/10/2012
|
07.00
|
Membuat kartu buku
|
980 lembar tercetak
|
|
14.
|
16/10/2012
|
10.30
|
Membuat kartu katalog
|
196 lembar tercetak
|
|
15.
|
17/10/2012
|
07.00
|
Mengklasifikasi
buku
|
190 judul
Ter klasifikasi
|
|
16.
|
18/10/2012
|
07.00
|
Membuat
label buku
|
950
lembar tercetak
|
|
17.
|
18/10/2012
|
10.00
|
Membuatkan stempel
inventaris
|
950 lember tercetak
|
|
18.
|
19/10/2012
|
07.00
|
Membuat lembar tanggal
kembali
|
950 lembar siap di tempel
|
|
19.
|
19/10/2012
|
10.30
|
Membuat kantong buku
|
950 lembar siap di tempel
|
|
20.
|
20/10/2012
|
07.00
|
Membuat kartu buku
|
950 lembar tercetak
|
|
21.
|
20/10/2012
|
10.30
|
Membuat kartu katalog
|
190 katalog tercetak
|
|
22.
|
22/10/2012
|
07.00
|
Mengklasifikasi
buku
|
201 judul
Ter klasifikasi
|
|
23.
|
23/10/2012
|
07.00
|
Membuat
label buku
|
1005
lembar tercetak
|
|
24.
|
23/10/2012
|
11.00
|
Membuatkan stempel
inventaris
|
1005 lember tercetak
|
|
25.
|
24/10/2012
|
07.00
|
Membuat lembar tanggal
kembali
|
1005 lembar siap di tempel
|
|
26.
|
24/10/2012
|
10.00
|
Membuat kantong buku
|
1005 lembar siap di tempel
|
|
27
|
25/10/2012
|
07.00
|
Membuat kartu buku
|
1005 lembar tercetak
|
|
28.
|
25/10/2012
|
11.00
|
Membuat kartu katalog
|
201 katalog tercetak
|
|
29.
|
27/10/2012
|
07.00
|
Menginput
data anggota perpustakaan/siswa ke dalam kartu peminjaman
|
44 data anggota terinput
|
|
30.
|
27/10/2012
|
10.00
|
Mencetak
kartu siswa
|
44 kartu siap di potong
|
Lampiran
3
Kegiatan : Pelayanan Bahan Pustaka
NO
|
TANGGAL
|
JAM
|
KEGIATAN
|
HASIL
|
PARAF
PEMBIM-BING
|
1.
|
29/10/2012
|
07.30
|
Menginput
data anggota perpustakaan/siswa ke dalam kartu peminjaman
|
86 data anggota
terselesaikan
|
|
2.
|
29/10/2012
|
10.30
|
Mencetak
kartu siswa
|
86 kartu siap di potong
|
|
29/10/2012
|
12.00
|
Membuat
buku statistik koleksi, peminjaman tahun 2011
|
Terlaksana
|
||
3.
|
30/10/2012
|
07.00
|
Melayani peminjaman
|
11peminjaman terlayani
|
|
4.
|
30/10/2012
|
09.30
|
Menginput
data anggota perpustakaan/siswa ke dalam kartu peminjaman
|
72 data anngota
terselesaikan
|
|
5.
|
30/10/2012
|
12.00
|
Mencetak
kartu siswa
|
72 kartu siap di potong
|
|
6.
|
31/10/2012
|
07.30
|
Memberikan petunjuk kepada
siswa kelas 6 cara mnelusur bahan pustaka
|
Seluruh siswa kelas 6
dapat memahami
|
|
7.
|
31/10/2012
|
09.00
|
Melayani
peminjaman
|
24 siswa terlayani
|
|
8.
|
31/10/2012
|
10.30
|
Menginput
data anggota perpustakaan/siswa ke dalam kartu peminjaman
|
30 data anggota
terselesaikan
|
|
9.
|
31/10/2012
|
11.30
|
Mencetak
kartu siswa
|
30 kartu siap di potong
|
Lampiran 4
LEMBAR KONSULTASI
PEMBIMBING PKP PUST2290
Konsultasi
Ke-
|
Tanggal
|
Materi Yang
Dibahas
|
Hasil/Saran/Tugas
|
Paraf
|
Pembimbing
|
01/10/2012
|
Jadwal pelaksanaan PKP
|
Membuat jadwal pelaksanaan PKP
mengacu pada modul PKP
|
|
Pembimbing
|
03/10/2012
|
tentang kehadiran peserta PKP
|
Membuat daftar hadir
|
|
Pembimbing
|
04/10/2012
|
Format buku registrasi
|
Mengacu pada modul
|
|
Pembimbing
|
04/10/2012
|
Penginstalan aplikasi
e-DDC
|
Memasukan fasword …..
|
|
Pembimbing
|
06/10/2012
|
Tatacara pengklasifikasian
|
Mengacu pada 8 daerah klasifikasi
|
|
Pembimbing
|
06/10/2012
|
Format buku klasifikasi
|
Mengacu pada modul
|
|
Pembimbing
|
06/10/2012
|
Pengklasifikasian melalui aplikasi
e-DDC
|
Melakukan penelusuran melalui Search
|
|
Pembimbing
|
08/10/2012
|
Penginstalan aplikasi sistem automasi
|
Mengikuti petunjuk yang ada
|
|
Pembimbing
|
08/10/2012
|
Menginput data bibliografi ke dalam
sistem
|
Menginput melalui impor data dari
format Excel
|
|
Pembimbing
|
08/10/2012
|
Menginput data anggota ke dalam
sistem sistem
|
Menginput melalui impor data dari
format Excel
|
|
Pembimbing
|
13/10/2012
|
Merubah tampilan pada kartu anggota
perpustakaan
|
Menerima format PHP File
|
|
Pembimbing
|
13/10/2012
|
Pembuatan punggung buku melalui
sistem
|
Melakukan percobaan pencetakan
bersama pembimbing
|
|
Pembimbing
|
20/10/2012
|
Cara melayani peminjaman/pengembalian
buku melalui sistem
|
Melakukan simulasi pelayanan melalui
sistem bersama pembimbing
|
|
Pembimbing
|
29/10/2012
|
Tentang pembuatan penyusunan laporan
|
Menerima saran tentang tatacara
penyusunan laporan
|
|
Pembimbing
|
31/10/2012
|
Tentang batas waktu pemasukan laporan
|
Tanggal 5, November 2012
|
Lampiran
5
Jadwal
Pelaksanaan Praktik Kerja Perpustakaan
No.
|
Kegiatan
|
Minggu
Ke-1
|
Minggu
Ke-2
|
Minggu
Ke-3
|
Minggu
Ke-4
|
1
|
Pengenalan Perpustakaan
|
||||
2
|
Pengembangan Koleksi
|
||||
3
|
Pengolahan Bahan Pustaka
|
||||
4
|
Pelayanan Bahan Pustaka
|
||||
5
|
Penyusunan Laporan
dan penilaian
|
Mengetahui :
Petugas
UPBJJ-UT
Yusron Humonggio, M.Pd
|
Buko,
01 Oktober 2012
Pembimbing
Nurmin
Darwis, A.Ma
Nip.
19730503 201001 2 001
|
Mahasiswa
Ronald Papeo
LEMBAR PENILAIAN HASIL PRAKTIK KERJA
PERPUSTAKAAN
DI PERPUSTAKAAN SD NEGERI 1 BUKO
WAKTU 01/10/2012 s/d 31/10/2012
Nama : Ronald Papeo
NIM : 017136052
UPBJJ-UT : Gorontalo
Masa Ujian : 2012.2
KRITERIA
PENILAIAN
|
NILAI
|
1.
Pelaksanaan Praktik Kerja meliputi berikut.
a.
Inisiatif, Kerajinan, dan Disiplin
b.
Pengadaan Bahan Pustaka
c.
Pengolahan Bahan Pustaka
d.
Pelayanan Bahan Pustaka
e.
Kerja Sama (termasuk hubungan dengan staf perpustakaan
setempat)
Rata-rata
(1)
2.
Laporan Praktik Kerja Perpustakaan meliputi
berikut.
a.
Teknis penulisan (tata bahasa, kerapian,
format)
b.
Isi Laporan
Rata-rata (2)
|
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
|
Rata-Rata
|
…………
|
Ketidakhadiran meliputi berikut.
1.
Sakit
2.
Izin
3.
Tidak ada keterangan
|
…………
…………
…………
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Hartati Samin, S.Pd
NIP.
19711212 199503 2 002
|
Pembimbing I
Nurmin
Darwis, A.Ma
Nip.
19730503 201001 2 001
|
Pembimbing
II
Yusron Humonggio, M.Pd
Dokumantasi tgl. 14
Oktober 2012
Kegiatan Penjajaran
Koleksi Kerak
Terima kasih infonya,
BalasHapusUntuk anda yang membutuhkan contoh laporan pkp tk paud terbaru 2013 silahkan klik tautan berikut ini http://gurukepsek.wordpress.com/2013/04/15/2-contoh-pkp-tk-paud-terbaru-2013/
trima kasih pak
BalasHapuscontoh ini memberi acuan dan semangat buat laopran ku
HTTP://WWW.PKPLENGKAP.COM
BalasHapusBagus untuk rujukan dan tambahan referensi kawan-kawan dalam menyusun LAPORAN PKP UT selain contoh PKP LENGKAP dari blog ini...